Pages

Senin, 13 Mei 2013

TOEFL


TOEFL
(TEST of ENGLISH as a FOREIGN LANGUANGE)

*    Pengertian TOEFL

Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke kolese (college) atau universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.
                Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate(S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3). Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia. Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test.

*    Bagian – bagian TOEFL
Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
·         listening comprehension,
·         grammar structure and written expression,
·         reading comprehension, dan bagian
·         writing.
Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara: 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maximum) untuk versi PBT (paper-based test).
*    Tujuan Test TOEFL
TOEFL memiliki dua tujuan umum yaitu: Academic dan General. 

1.               Tujuan akademik TOEFL adalah untuk tujuan pendidikan, penelitian atau yang berhubungan dengan kegiatan akademis di luar negeri, ataupun di Indonesia. Untuk paska sarjana, biasanya nilai minimal adalah 550 sedangkan untuk S1 adalah 500.
2.           Tujuan umum (general) pada umumnya digunakan dalam bidang pekerjaan, kenaikan pangkat atau tugas kerja. Banyak perusahaan yang memasang standar bahasa inggris karyawannya dengan melihat nilai TOEFL. Umumnya, nilai TOEFL minimal adalah 500 untuk
3.           kenaikan pangkat standar.
*    toefl score
biasa digunakan sebagai prasyarat untuk mendaftar ke sekolah menengah atas dan universitas di dalam dan luar negeri, juga untuk syarat memperoleh beasiswa. Tetapi tofl score kini tidak hanya diperlukan didalam lingkungan akademis, melainkan dibeberapa perusahaan baik yang swasta maupun negeri sebagai syarat untuk seseorang sebagai pelamar kerja ataupun untuk kenaikan atau peromosi jabatan
*    macam-macam toefl test
toefl test yang dikeluarkan oleh ETS, ada tiga bentuk, yaitu :
·        PBT( Paper Based Test) TOEFL
·        CBT (Computer Based Test)TOEFL
·        IBT (Internet Bsed Test) TOEFL

Sumber :



0 komentar:

Posting Komentar