Pages

Minggu, 21 Oktober 2012

karangan ilmiah


KARANGAN
Karangan adalah  karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami.
Karangan terbagi atas 3 macam :
A.     Karangan Ilmiah
B.     Karangan Semi Ilmiah
C.     Karangan Non Ilmiah
Dalam tulisan ini saya akan membahas  “Karangan Ilmiah” yang berisi pengertian, ciri-ciri,sifat dan macam-macam karangan ilmiah. Berikut penjelasannya

A.    Karangan Ilmiah
Karangan ilmiah adalah  salah satu jenis karangan yang berisi serangkaian hasil pemikiran yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya  yang menyajikan gagasan, deskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur, dengan menggunakan bahasa baku, serta didukung oleh fakta, teori, dan atau bukti-bukti empirik.
Penulisan karya ilmiah bertujuan untuk menyampaikan gagasan, memenuhi tugas dalam studi, untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, mengikuti perlombaan, serta untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian.

1.      Ciri- ciri Karangan Ilmiah :
·         Empiris: informasi yang disampaikan bersifat faktual yang diperoleh berdasarkan hasil pengamatan, kajian pustaka, penelitian.
·         Sistematis: adanya keteraturan, keterkaitan, dan ketergantungan antarbagian
·         Objektif: bebas dari prasangkan perorangan/pribadi
·         Analitis: berusaha membeda-bedakan pokok soalnya ke dalam bagian yang lebih rinci.
·         Verifikatif: mengandung kebenaran ilmiah yang dapat diuji

2.      Sifat Karangan Ilmiah

Tulisan ilmiah ada empat macam,yaitu  karangan ilmiah non-teknis konkret, karangan ilmiah teknis umum, karangan ilmiah abstrak formal, dan karangan ilmiah formula spesifik historis.
  • ·         Non-teknis Konkret

Ciri-ciri karangan non-teknis konkret adalah sebagai berikut : informatif, bernada populer tanpa definisi istilah-istilah yang spesifik, topiknya spesifik dan konkret, tanpa ajakan emosional atau imajinatif, bahasa figuratif hanya dipakai untuk menghangatkan masalah, tersusun sistematis dan ditunjukan kepada pembaca dengan pengetahuan ilmiah dasar.
  • ·         Teknis Umum

Ciri-ciri karangan ilmiah teknis umum adalah; seluruhnya informatif, kata-kata istilah teknis tanpa definisi, tidak mengeja keuntungan pribadi, tulus ikhlas, tidak memuat penilaian tetapi meletakkan masalah secara umum, bersifat konkret, susunan dan nada normal, dan tidak ada ajakan emosional, ditunjukan kepada pembaca pengetahuan teknis.

  • ·         Abstrak Formal

Ciri-ciri karangan abstark formal ialah sebagai berikut : rangkuman umum, informatif, non-teknis tidak mengejar keuntungan pribadi, tulus menyertakan informasi tentang pendapat-pendapat orang lain tetapi tanpa dukungan bukti, nada dan bahasanya formal, tidak ada ajakan emosional, isinya popular dan istilah-istilah yang dipakai juga populer.
  • ·         Spesifik Historis

Ciri-ciri karangan ilmiah spesifik historis ialah sebagai berikut : informatif, berdasarkan sumber sejarah, tanpa ajakan emosional, tidak mengejar keuntungan pribadi, tulus dan tidak memuat penilaian, konkret dan spesifik, semi teknis, bahasa dan susunannya  diatur secara formal. Karena ciri-ciri itulah maka karangan sejarah yang ilmiah itu tidak termasuk karangan kesastraan.

3.      Macam-macam Karya Ilmiah

  • ·         Laporan Penelitian

adalah laporan yang ditulis berdasarkan penelitian. Misalnya laporan penelitian yang didanai oleh Fakultas dan Universitas, laporan ekskavasi arkeologis yang dibiayai oleh Departemen Kebudayaan, dsb.
  • ·         Skripsi

adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik sarjana strata satu (Si).
·         Tesis 
adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik strata dua (S2), yaitu Master.
  • ·         Disertasi

adalah tulisan ilmiah untuk mendapat gelar akademik strata tiga (S3), yaitu Doktor.
  • ·         Surat pembaca

adalah surat yang berisi kritik dan tanggapan terhadap isi suatu tulisan ilmiah.
  • ·         Laporan kasus

adalah tulisan mengenai kasus-kasus yang ada yang dilandasi dengan teori.
  • ·         Laporan tinjauan  adalah tulisan yang berisi tinjauan karya ilmiah dalam kurun waktu tertentu. Misalnya Biologi-calAnthropohgy in the Americas: ¡900-2000.

  • ·         Resensi 

adalah tanggapan terhadap suatu karangan atau buku yang memaparkan manfaat karangan atau buku tersebut bagi pembaca.
  • ·         Monograf 

adalah karya asli menyeluruh dari suatu masalah. Monograf ini dapat berupa tesis ataupun disertasi.
  • ·         Referat 

adalah tinjauan mengenai karangan sendiri dan karangan orang lain.
  • ·         Kabilitasi

 adalah karangan-karangan penting yang dikerjakan sarjana Departemen Pendidikan Nasional untuk bahan kuliah.

Sumber :
http://belajarpsikologi.com/macam-macam-karya-ilmiah/
rsc.ub.ac.id/?p=340&upm_export=doc
epository.binus.ac.id/content/.../A028263511.pptk

0 komentar:

Poskan Komentar